Monday 28 April 2014

perbedaan IAD. ISD. dan IBD

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat ALLAH SWT atas rahmat yang diberikan kepada saya sehingga saya dapat melaksanakan dan menyelesaikan tugas makalah Rutin Pertemuan Materi Akademik IAD, IBD, ISD dengan semampu saya
            Tak lupa dengan Shalawat dan Salam senantiasa kita khususkan kepada Nabi Agung MUHAMMAD SAW, semoga kita kelak di hari akhir diakui sebagai umatnya dan mendapatkan safa’atnya,
            Saya sadari bahwa makalah mingguan ini pastinya ada kelebihannya dan ada pula kekurangannya, maka saya harap maklum dan saya tunggu masukan-masukan yang bersifat membangun dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya dan semua pihak. Demikian pengantar makalah ini, kurang lebihnya saya minta maaf dan terimakasih atas perhatiannya.

Kudus, September 2013
        

                 (  Khoerul Anas   )


PENDAHULUAN

A.        LATAR BELAKANG
Pada nmasa sekarang, banyak masyarakat yang kurang mengerti tentang pengertian, tujuan, dan utamanya yaitu ruang lingkup dari Ilmu Alamiyah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar. Sekarang juga banyak yang tau tentang materi tersebut namun mereka tidak mau untuk melakukan ataupun menerapkan tujuan-tujuan dari materi diatas.
Maka dari itu, dalam makalah ini saya membahas tentang hal-hal yang telah saya jelaskan diatas, dan semoga makalah ini dapat berguna serta bermanfaat bagi semuanya.

B.        RUMUSAN MASALAH
1.         Apa pengertian dan ruang lingkup dari IAD, IBD, dan ISD ?
2.         Sepertia apa tujuan dari IAD, IBD, dan ISD ?

C.        PEMBAHASAN
a)      ILMU ALAMIYAH DASAR (IAD)
·         Pengertian dari Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Didalam Ilmu Alamiah Dasar dipelajari tentang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
·         Ruang lingkupnya yaitu membahas tentang konsep dasar ilu IPA.
·         Diantara tujuannya yaitu mengenalkan konsep ilmu IPA.
b)      ILMU SOSIAL DASAR (ISD)
·         Pengertian dari Ilmu Sosial Dasar ( ISD ) adalah ilmu-ilmu sosial dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
·         Ruang lingkupnya yaitu membahas tentang adanya berbagai konsep atau aspek kenyataan bersama yang merupakan masalah sosial.
·         Diantara tujuannya yaitu membantu perkembangan memasang pemikiran dan kepribadian.
c)       ILMU BUDAYA DASAR (IBD)
·         Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah ilmu yang mempelajari budaya atau akal budi yang mendasar dari manusia dan sangat Humaniter, Empiris, belum mencakup sebagian besar aplikasi kehidupan secara spesifik dan mendalam seperti seni, sistem ekonomi ataupun filsafat lain yang sifatnya komplementer.
·         Ruang lingkupnya yaitu membahas tentang aspek kehidupan yang berkaitan dengan masalah kemanusiaan.
·         Di antara tujuannya yaitu untuk mengembangkan kepribadian mengenai gejala yang berkaitan pada lingkungan.

D.        KESIMPULAN
Dari uraian diatas saya menyimpulkan bahwa antara ilmu, ilmu pengetahuan, dan bidang ilmu itu berbeda. Karena pada pengertian masing-masing mempunyai pengertian, ruang lingkup, dan tujuang yeng berbeda-beda.
Dan kita juga dapat disimpulkan bahwa Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Didalam Ilmu Alamiah Dasar dipelajari tentang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).Sedangkan Ilmu Sosial Dasar ( ISD ) adalah ilmu-ilmu sosial dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
Dan Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah ilmu yang mempelajari budaya atau akal budi yang mendasar dari manusia dan sangat Humaniter, Empiris, belum mencakup sebagian besar aplikasi kehidupan secara spesifik dan mendalam seperti seni, sistem ekonomi ataupun filsafat lain yang sifatnya komplementer.

E.         PENUTUP
Demikianlah penjelasan dari makalah ini, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan pastilah makalah ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, jadi saya akan selalu menerima masukan-masukan dan kritik yang sifatnya membangun.

F.         DAFTAR PUSTAKA
Drs. H. Abdullah Aly dan Ir, Eny Ratna, (1998) ilmu alamiyah dasar, Bumi Aksara: Jakarta
Drs. Maskoeri Jasin, (2003) ilmu alamiyah dasar, PT Raja Grafindo: Jakarta
Drs. Hartono DKK, (1989) ilmu budaya dasar, PT Bina Ilmu: Surabaya


No comments:

Post a Comment